Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Pernah melakukan perjalanan jauh yang sudah direncanakan tiba-tiba batal 10 jam sebelum pemberangkatan? Secara mengejutkan travel agent yang kita gunakan membatalkan semuanya Tiket penerbangan, booking hotel dan tour dalam sekejap dan (untungnya) mengembalikan semua uang yang sudah kami bayar saat itu juga. Ya itu yang saya alami saya dengan teman-teman saya, 10 jam harus berfikir keras supaya liburan tidak sia sia, dalam 10 jam itu juga kita panik dan dalam saat yang sama harus mencari jalan keluarnya.

Hongkong adalah negara yang masih asing bagi kita, semuanya belum pernah melakukan perjalanan ke hongkong, karena alasan itu kita sempat ingin membelokan liburan kita ke Thailand, Singapore atau bahkan Bali. Tapi setelah di rembukan kita tetap harus jadi liburan di Hong Kong apapun yang terjadi nanti, dan akhirnya trip ke Hong Kong pun terjadi yeaaaay!!!!

Pesawat berangkat jam 1 malam, berhubung saya pernah mengalami ketinggalan pesawat waktu di KL maka kedatangan pun dipercepat, jam 9 saya sudah sampai di airport Soekarno hatta terminal 3, perjalanan dari jakarta ke Hongkong memakan waktu 5,5 jam, waktu di pesawatpun saya manfaatkan untuk beristirahat.

Sesampai di Hongkong pada pukul 6:30 pagi, tanpa membuang waktu kita langsung menuju Hostel yang sudah kita pesan untuk menyimpan barang bawaan kami, supaya jalan-jalan keliling hongkong  nyaman, dan ternyata resepsionis hostel yang kita tempati adalah orang Indonesia, cerita hostel bisa di lihat disini.

Mengaktifkan kartu lokal disini agak-agak susah, kita beli 7eleven dan di beri kartu perdana khusus internet seharga HKD 80 dan yang jadi masalah adalah keterangan cara pengaktifannya dalam bahasa china, mana pelayannya juga gaptek antara gaptek dan tidak mau membantu sih, alhasil berhubung handphone kita iPhone semua kita mampir ke Apple store di Ifc mall, yang posisinya searah dengan tujuan kami selanjutnya, sekalian saya mau membeli iPad Mini retina disana. Petugas Apple store memang terkenal ramah-ramah, satu pegawai bernama Zero dengan sabar mengaktifkan kartu perdana kamis satu persatu, entah memang baik atau karna saya membeli iPad Mini disana jadi dia dengan sabar melayani ribetnya kita semua. Klik ipad mini retina HK

Handphone pun sudah siap bereksis ria, Spot pertama yaitu Victoria peak, bukit tinggi di hongkong yang menyajikan panorama kota hongkong yang megah, dari ifc mall kita berjalan menuju tempat pemberhentian bus di dekat dermaga lanjut naik bus langsung menuju tiketing victoria peak, awas jangan salah naik bus,  karenaa da bus yang akan membawa kita dalam paket tour kota Hongkong, harganya cukup lumayan 300 HKD, diajak tour kota sampai puncak victoria, tanpa kunjungan Madame tussauds oiya lokasi Madan tusoud juga disini, kita memakai bus 6C langsung menuju bagian loket victoria peak, mereka menyediakan paket full seharga HKD 285 untuk naik turun peak tram sky + Madam Tussauds + Sky Terrace, saya mengambil paket lengkap, jika ingin mengunjungi sky terrace saja cukup membayar 75 HKD. Cerita Madam tusaudnya ada disini. Sedikit tips pakailah mantel setebal mungkin jika ingin mengunjungi tempat ini, dinginnya melebihi malam puncak dikala jomblo, Cerita victoria peak ada disini.

Pulang naik bus double decker ke pier lagi, dan turun ditempat yang sama dekat mall ifc, berawal iseng ingin mencari camilan di dermaga ternyata ada perahu yang bisa membawa kita menyebrangi victoria harbour menuju street of star avenue seharga 2 HKD saja, sesampai di dermaga kita lanjut berjalan menuju avenue of star, salah satu spot yang wajib dikunjungi di Hongkong

Pulang istirahat lanjut ladies market. Kebetulan lokasi hostel kita sangat strategis cukup naik bus dan sampai lah kita ke ladies market, adalah pasar malam yang menyediakan belanjaan murah di HK, ingat jangan ragu-ragu untuk menawar jika disini, tapi jika sudah menawar jangan tiba-tiba tidak jadi dijamin kita akan diomelin oleh pedagangnya, jika sudah begitu kita tinggal balas saja dengan bahasa kasar tapi dengan nada ramah haha tidak ada yang mengerti juga kan, tidak terasa sudah tengah malam, kitapun pulang ke Hostel untuk mempersiapkan tenaga menuju perjalanan besok ke Shenzhen China.

Dasar pada kebluk kitapun berngkat dari hostel pukul 10, transportasi ke Shenzen menggunakan MTR dari Hongkong Central, menuju Lo wu station, dari situ kita langsung mengurus Visa on Arival, dis shenzhen kita memang fokus untuk berbelanja tujuan pertama pun langsung ke Dong Men area, pusat perbelanjaan yang terkenal murah oleh para wisatawan, rate nilai tukar yuan ke rupiah lebih tinggi dibanding Hongkong, tapi jangan salah, harga-harga dosini sangat jauh lebih murah dibanding Hong Kong, kita pun kalap untuk menghabiskan uang Yuan yang kita tukar sebelumnya, cerita lengkap shenzhen bisa dilihat disini, Pulang magrib sampai ke hotel lagi dan tidur.

Hari ketiga lanjut ke disneyland resort bayar kita langsung membeli tiket disanas seharga 450 HKD atau sekitar 700 rebu-an, cerita hongkong bisa diklik disini.

Pulang mampir ke north point dan causeway bay pusat area perbelanjaan murah juga selain Ladies market, jika susah mancari makanan yang sesuai selera maka disini tempatnya, restoran Indonesia banyak bertebaran disini tidak jarang banyak warga indonesia lalu lalang di area ini, kebanyakan para TKI, memang orang Indonesia pada dasarnya ramah-ramah ya, para TKI disana dengan senang hati membantu kita dalam berbelanja loh bahkan meminjamkan uang tunainya jika lagi darurat. Puas berbelanja kami kembali pulang ke Hotel dan beristirahat untuk kepulangan kami ke tanah air esok hari.

Benar-benar liburan yang sangat tidak diduga, kita benar-benar meraba dari awal sehingga membuat liburan kali ini begitu istimewa, terimakasih teman-teman telah membuat liburan kali ini mat sangat menyenangkan. :)