Jalan-jalan - Day #2: Amazing Bangkok

Day #2 : Jum'at, 15 Oktober 2010
** 
List to do :
  • Chaopraya river
  • Wat arun
  • Makan siang
  • Sriracha tiger zoo
  • Pattaya
  • Hard rock cafe
  • Makan malam
  • Jalan-jalan malam
  • Tidur grook grook

Hoaaah pagi yang segar, rasanya belum cukup buat istirahat. tapi semangat berpetualang masih tinggi *Woohoo!* Hari ini bangun jam 5 pagi karna ada schedule mau ke chaop raya river sekalian mau check out jadi sekalian packing, jam setengah tujuh kita sudah turun kebawah untuk sarapan. Makanan-nya lumayan enak dan tidak begitu asing di lidah. wah ada sekumpulan manula-manula dari jawa looh. sempet befikir ini hotel apa panti jompo?. Setelah sarapan Mr Abdul atau jack twilight datang menjemput. penasaran tampang jack twilight seperti apa?. nanti di akhir cerita gw akan memasang fotonya.


Perjalanan dimulai ke river city chopraya river, jalanan di bangkok tidak jauh berbeda dengan jakarta dengan macetnya apalagi ini hari jum'at makin sore jalanan makin macet. Setiap sudut kota terdapat foto-foto dari kerajaan thailand. ada emaknya, bapaknya, si raja waktu kecil, raja lagi salaman dengan rakyatnya, raja sedang megang kamera SLR *lho??. beneran*. Raja disini memang sangat dihormati oleh rakyatnya, saking dihormatinya jika ada gambar raja yang tidak sengaja terinjak di jalan pasti akan di tegur warga. kalau sengaja paling di getok.







**

CHAOPRAYA RIVER

Lumayan lama menunggu datangnya perahu yang akan di tumpangi, para turis mulai berdatangan, ternyata di perahu ini kita digabung dengan turis lain. Kebanyakan turis ternyata berasal dari china. Waktu menunggu perahu pun di sempatkan untuk berfoto-foto dan merekam suasana pagi sungai chaop raya.



Ada pemandangan unik di sungai ini, sungainya dipenuhi dengan bunga eceng gondok yang awalnya gw kira gundukan sampah. Dan ternyata bunga eceng gondok ini berasal dari Indonesia, pada jaman dulu kakeknya kakek raja diberi segenggam bunga eceng gondok pada saat berkunjung ke Indonesia, kemudian sang raja menaruhnya di sungai, dalam beberapa tahun kemudian eceng gondok itu berkembang dan menjadi bagian dari sungai chopraya itu sendiri. 


**

Perahu sudah datang, kita kebagian duduk paling depan, Perahu kayu berkapasitas puluhan itu langsung meluncur dan kita tidak di beri pelampung. *wuiih*. Selama perjalanan ada satu guide yg menjelaskan mengenai sejarah Bangkok sambil menunjukan tempat-tempat yg dilewati. Cukup lucu mendengar penjelasan Guide ibu-ibu gempal satu ini, bahasa inggris-nya bercampur logat china. 

Menurut gw chaopraya ini termasuk spot yang wajib untuk dikunjungi apabila ke Bangkok untuk pertama kali, karna sepanjang sungai ini kita melewati banyak tempat bersejarah di Bangkok, banyak pengetahuan yang di dapat dalam perjalanan ini.








 
Ada pemandangan yang cukup miris di sungai ini, keinginan untuk melihat pasar apung pupus sudah, bukan karena telat datang, tapi memang para pedagang sudah kehilangan para pembeli setianya. Ternyata perkembangan supermarket atau pasar modern sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup para pedagang pasar apung ini. 

Sepanjang jalan keberadaan pedagang ini bisa dihitung dengan jari, hanya dua yang gw lihat, itu juga pedangang yang menjajakan souvenir khas Thailand untuk dijual kepada turis-turis yang lewat, bukan sayur mayur buah selayaknya biasa yang di jajakan di sebuah pasar. kami disarankan untuk membeli souvenir yang ditawarkan dengan alasan membantu kelangsungan pedagang disini. gw gak beli kurang bagus juga souvenirnya *hehe*.



**

Bagian menyenangkan dalam perjalanan perahu ini adalah pada saat bagian memberi makan ikan. Konon bila memberi makan kepada ikan ini maka segala keinginan akan terwujud. Untuk memberi makan ikan ini, kita diharuskan membeli sepotong roti tawar seharga  20 bath atau 6 ribu rupiah. 

Potongan-potongan roti itu pun dilempar ke sungai, tidak lama ikan langsung keluar kepermukaan dan memakan potongan-potongan roti tersebut, makin banyak potongan roti yang di lempar makin banyak juga ikan-ikan berdatangan kepermukaan. ternyata ikan ini besar-besar. Ada satu ikan, saking besarnya pada saat berebut makan cipratan airnya mengenai dua tour guide di perahu, bukannya marah mereka malah bersyukur, berkah katanya. kenapa tidak nyebur saja sekalian.



 **

WAT ARUN TAMPLE



Setelah selesai memberi makan kita diantar ke sebuah candi bernama wat arun. Candi ini sangat unik karna dihiasi dengan keramik yang berasal dari china. cukup tinggi puncak dari candi ini, setelah mengelilingi Candi ini, tiba saatnya untuk beli buah tangan *Horee*. 


Lokasi pasar ini terletak di samping candi. Cukup menarik ketika kami masuk pasar ini karena pas masuk para penjualnya sedang asik bernyanyi lagu-lagu Rosa, untung bukan Wali band. Ternyata di tempat itu lagu Indonesia cukup sukai, saking excited-nya mereka sampai menunjukan kumpulan cd-cd lagu dari indonesia, sayang bajakan semua. untungnya pedagang disini pada bisa bahasa indonesia, urusan tawar menawar harga jadi lebih mudah.

Cukup banyak gw belanja disini. Kaos sampai gantungan kunci gw borong. disini bisa ditawar kalau gigih pasti dapet potongan harga.




Setelah puas berbelanja tiba waktunya makan siang, Kita makan di salah satu tempat makan muslim di samping jalan tol menuju pattaya. Makanan disini lumayan enak dan ada fasilitaas wifinya,, *horeee…* Setelah perut kenyang petualangan berlanjut ke Sriracha Tiger zoo. Sekitar dua jam waktu yang ditempuh menuju tempat ini. 

**

SRIRACHA TIGER ZOO

Welcome To Sriraca Tiger Zoo. 





Ada yang menarik ditempat ini. Salah satunya anak harimau meyusui babi. dan anak babi menyusi seekor harimau. Menurut saya sangat tidak berprikebinatangan tindakan mereka ini, Kasihan harimaunya minum susu haram. 

dan WOW gw baru liat babi sebesar ini. gede banget lebih gede dari orang yang memberinya makan. dan yang pasti lebih gede dari perut buncit gw. Ada satu tempat yg menarik perhatian, di kandang harimau pihak kebun binatang rupanya cukup pintar trik memberi makan macannya. Jadi proses memberi makan macan ini di jadikan permainan. Yaitu pengunjung harus menembak sasaran dengan senapan angin, kalau tepat satu ekor ayampun jatuh dari kandang dan langsung dilahap oleh macan-macan dibawah. Tentu untuk menggunakan senapan itu harus membayar sejumlah uang. Pengunjung senang macan kenyang, gitu kali ya motto-nya.


  
Ada lagi acara babi berhitung, apa pulak ini. disampingnya ada sekumpulan babi telanjang sedang dimandikan. 


 




Tiba saatnya pertunjukan utama yaitu Crocodile Show! Show!! Shooooww!! ya gw akan menonton salah satu atraksi yang paling fenomenal di Thailand. Yaitu crocodile show. di Indonesia sangat jarang buaya dijadikan tontonan khusus, biasanya dibiarkan tergeletak begitu saja gak ada menarik-menariknya. atraksi bertempat disbuah hall besar. Tempat duduk berkapasitas ratusan itu pun langsung penuh oleh pengunjung. gw duduk di tempat yang agak tinggi supaya penglihatannya jauh lebih luas meskipun sedikit terhalang oleh pembatas kaca. buaya-buaya besar pun sudah siap "dipermainkan".



Atraksi dimulai dengan tari-tarian, ada dua orang yang melakukan atraksi ini, cowo dan cewe, sebenarnya atraksi ini biasa saja yang bikin menarik ya buayanya itu, bermain dengan kematian *walah*, bayangin aja kalau ada kesalahan dikit saja, rahang buaya yang kuat gak segan-segan mengoyak sasarannya. gak kebayang. Sang buaya ditarik kesana kemari, berdiri diatas punggungnya, meluncur langsung menciumnya, sesekali memasukan tangannya ke dalam mulut buaya, dan hap tangan pawang pun hampir tergigit. 

ada kejadian lucu pada saat si buaya memberontak dan si pawangnya lari sampai terpeleset dan celananya melorot, cukup membuat suasana meriah sekaligus was-was. atraksi diiringi dengan musik lucu dengan komentar bahasa thailand meskipun tidak mengerti tapi mendengar suaranya yang nyaring dan sesaat berhenti sesuai kejadian yang terjadi di acara tersebut bikin atraksi bertambah meriah.



Tiba saatnya puncak acara. pertama sang pawang cewe, si buaya di "elus-elus" oleh tongkat mulai dari kepalanya lanjut ke gigi si buayanya, pada saat rahang buaya terbuka lebar tiba-tiba kepala si cewe masuk ke rongga mulut buaya besar itu. wooow gila!! biasanya gw liat di you tube, tapi sekarang gw liat langsung dan gak kebayang adrnalin mengalir pada saat atraksi itu terjadi. lebih gila lagi si pawang cowo dia malah memasukan kepalanya lebih dalam ke mulut buaya tersebut sambil tersenyum dan melambai ke arah penonton. Applouse dari penonton pun langsung bergema di area atraksi tersebut. Decak kagum bercampur ngeripun bergemuruh. susah banget cari uang mbaaak.

Satu kata setelah nonton acara itu. Yaitu speechless.. keren!!







**

PATTAYA 

Setelah puas menonton acara tersebut perjalana dilanjutkan menuju Pattaya *horeee…
dua jam perjalanan pun disempatkan untuk beristirahat di mobil. Kalau gw bilang pattaya ini hampir sama denga kuta bali. Jalanan kecil hampir mirip dengan suasana kuta bali.



Pemandangan seru terjadi pada saat melewati suatu gang, si supir sengaja melewati daerah itu. Dan woooew wohohow banyak banget "wanita-wanita" di sini, lengkap dengan pakaian super bener-bener minimnya mereka berpose berdandan untuk memikat mangsanya. semua jenis ada disini dari yang muda, seger, pas-pasan cantik sampai tampang ibu-ibu dan lady boy pahit sampai manis pun berkumpul di sepanjang jalan itu, padahal waktu masih menunjukan jam5. Gilaak. sesekali wanita yang kontak mata dengan saya teriak centil menyapa gw. *uhuy*

Dari sini ampirm ke Hardrock cafe pattaya dan istirahat di pinggiran pantai pattaya, angin sedang berhembus kencang tidak lama beristirahat disini, perjalanan dilanjutkan untuk membeli oleh-oleh dan mencari makan malam. tempat makan muslim sangat jarang disini ada satu dan tempatnya jauh sekali dari pusat pattaya.



Setelah makan langsung diantar ke hotel Centuri Pattaya, lokasinya strategis terletak dipinggir jalan pattaya cukup jalan beberapa meter untuk sampai ke bibir pantai pattaya. Karna jadwal besok free sampai tengah hari maka sudah dipastikan malamnya akan diisi dengan berkeliling malam pattaya semalam suntuk. jadi besok bisa bangun sampai siang.

Tidak terasa malam berganti pagi dan sudah saatnya istirahat. ini adalah malam terakhir di pattaya. Kesan-kesan untuk perjalanan hari ini SANGAT SERU!! :D. sampai ketemu besok.






*grook.. grook..


**



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012