Cara Terakhir Memperbaiki Tombol iPhone Yang Sudah Unresponsive.



 

Sepertinya hardware yang paling rentan 'rusak' di iPhone itu satu, Home Button, kebanyakan smartphone touchscreen sekarang sudah menggunakan tombol capasitive entah kenapa iphone masih saja kekeuh dengan tombol fisiknya, yang menggunakan iPhone pasti sempat mengeluhkan tombol yang satu itu, bermula dari kurang responsif, sampai benar tidak responsif sama sekali. Saya dalam posisi tidak responsif sama sekali, bisa, tapi kalau mau jempolnya merah kesakitan.

Banyak cara bagaimana mengatasi tombol iPhone yang sudah tidak responsive, dari cara respring dari app aslinya, tetes alkohol sampai tekan pakai colokan kabel iphonenya. Dan tidak ada yang berhasil, cara terakhir ya minta jasa reparasi.

Agak susah-susah gampang mencari jasa reparasi iPhone, karena sebagian besar merupakan jasa tidak resmi yang tidak ada jaminan tertulis jika iPhone kita kenapa-kenapa selama reparasi berlangsung, ya balik lagi ke kepercayaan kita sebagai customer untuk menyerahkan 'buah hati' kita untuk di otak-atik sih.

Sampai pada akhirnya (kemarin 2 Desember, 2012) saya menemukan jasa reparasi dari yang awalnya menawarkan iPhone5, berhubung lokasinya juga gak jauh yah apa salahnya lah saya coba, ragu terus yang ada home button saya tidak akan pernah kembali normal.

Ada dua Home button yang dia tawarkan yang OEM (asli tapi palsu) dan ORI, OEM 120 k dan ORI 200 k termasuk jasa pasang 50 k. Karna saya ingin yang terbaik buat iPhone saya jadi saya ambil yang ORI,

Setelah chating panjang lebar, akhirnya saya janjian dengan orang tersebut di Seven Eleven Binus jam 2, bertemu dan langsung ke tempat reparasinya yaitu di tempat Kos-an dia, sepasang muda mudi yang masih kuliah.

Tanpa buang waktu iphone saya di bongkar dan dia menunjukan Home Button yang katanya ORI itu, yang sebenarnya tidak ada kepastian juga ORI enggak nya, yaah balik lagi kepercayaan kita, meskipun saya bisa saja ngotot buat minta kepastian asli enggaknya, tapi buat apa lah.

Proses penggantian tombol home iPhone ternyata tidak semudah yang dikira, kompenen iPhone harus diangkat semua, ganti dan pasang ulang. Terdengar mudah tapi jika tidak teliti bisa fatal akibatnya, banyaknya baut berukuran sangat kecil dengan ukuran yang berbeda satu sama lain membuat kesulitan tesendiri, jika tidak apik menyimpannya, jatuh, gawat lah iPhone saya.

Dua jam berlalu, Gak tega sebenarnya liat iPhone saya di bongkar. sebelumnya juga sudah diberi tau proses reparasinya memakan waktu lama sekitar 3 jam, dan ternyata memakan waktu 5 jam!, karena kekurang telitian orangnya dalam memasang kembali komponen-komponen tersebut. Sampai akhirnya tertutup sempurna.

Ditest sana-sini, yap sempurna, kata dia ini proses menggantian tombol iphone paling lama, rekor tercepat dia satu sampai duajam, yaa tanya kenapa. Yang awalnya saya berencana menawar harga tersebut jadi gak tega apalagi melihat indomie telor pesanan dia yang sudah menjadi kaku seperti display restoran.

Akhir kata, worth it sih, seharga 200 k, orangnya juga (mungkin akan lebih) teliti (setelah memperbaiki iphone saya) dan iphone saya kembali terasa seperti baru, jika ada yang ingin memperbaiki ditempat yang sama bisa hubungi saya.

Salam


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012