Apple Watch, Do you really need it?



gizmodo

Acara spesial Apple sudah berlangsung senin 9 Maret kemarin di Cupertino Amerka Serikat, beberapa kabar baru sudah diumumkan, salah satunya dengan kepastian dari anggota keluarga Apple terbaru yaitu Apple Watch. Seperti yang sudah kita ketahui Apple watch hadir dengan 3 seri: the Aple Watch Sport, the Apple Watch, dan the Apple Watch  Edition. pre order dimulai April 24, harga yang ditawarkan cukup mencengangkan Apple watch paling murah di bandrol dengan $349 atau sekitar Rp.4,5 juta dan yang termahal The Apple Watch Edition dengan emas 18-karatnya sampai dengan harga senilai $17.000 atau sekitar Rp. 224 Juta rupiah, what??


Produk apple memang selalu mengesankan ketika di perkenalkan pertama kali, para fanboy berdecak kagum dengan mata yang berkaca-kaca saat Tim Cook melangsungkan presentasinya, tapi setelah kita melihat lebih dekat mengenai spesifikasi sebenarnya tidak terlalu begitu mengesankan. dan yang terpenting adalah apakah kita sudah perlu memilikinya?.

Saya membuat 5 alasan jangan membeli Apple watch, setidaknya untuk saat ini :

1. Apple watch bukan perangkat yang bisa berdiri sendiri
Kamu harus mempunyai iPhone minimal iPhone 5 jika tidak ingin Apple Watch kamu tidak ada bedanya dengan jam Princess yang dimiliki keponakan kamu. Android? jangan bermimpi bung.

2. Batrei, apple mengklaim daya tahan batrei selama 18 jam. 
Jika dilihat angka tersebut ok kita bisa mengisinya pada saat tidur, tapi kita tidak mungkin hanya memakainya untuk melihat waktu bukan? pasti aktifitas chat, buka email nelpon dan mengirim detak jantung ke pengguna lain akan menguras batrei lebih banyak atau dalam kasus saya yang selalu lupa mengisi batreinya di malam hari. Jadi tidak menutup kemungkinan pada saat beraktifitas baterai habis dan akhirnya kamu menyimpan Apple watch kamu di dalam tas. Batrei dengan daya tahan satu bulan sepertinya waktu yang pas untuk sebuah Smart Watch. Kabar terakhir bahwa batrei tersebut bisa diganti, tapi harga penggantian batreinya sendiri belum di umumkan berapa.

3. Harga
Dengan harga $ 349 atau bahkan $ 17,000 seharusnya kamu sudah bisa mendapatkan jam yang lebih mewah bahkan sangat mewah.

4. Generasi pertama
Yap generasi pertama seperti produk coba-coba, test market, fitur yang ditawarkan juga masih sedikit, tunggu dua atau tiga generasi mungkin kita bisa mendapatkan produk yang lebih masuk akal yang sepadan dengan harganya dan sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Desain
ini subjektif si, saya melihatnya masih kurang ok, tebal dan kotak, saya lebih prefer seperti Smart Watch keluaran Motorola Moto 360 atau LG Watch Urbane terlihat seperti jam biasa ketika tidak digunakan dan menyuguhkan daya tahan batrei sampai 30 hari.

Jadi masih merasa perlu membelinya? jika masih bingung berikut ada ilustrasi yang menarik dari the guardian.com

http://www.theguardian.com/technology/shortcuts/picture/2015/mar/10/should-you-buy-an-apple-watch


Saya sendiri belum bisa membayangkan diri saya memakai Smart Watch, mungkin nanti tapi tidak sekarang, iya memang keren, siapa sih yang tidak ingin menelpon dengan menggunakan jam seperti di film Power Ranger. jika memang ingin menggunakan smart watch yang mendukung aktifitas olah raga kamu, masih banyak produk lain yang masih ramah harga.

Tidak ada masalah jika kamu memang ingin membelinya tapi ya jangan sampai kita hanya membeli barang tersebut dengan keterbatasan informasi dan akhirnya membeli dengan mengedepankan gengsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012