Why is My Mac Running Slow?


Merasa kinerja Mac kamu semakin lambat? bahkan untuk menjalankan applikasi yang sederhana?saya pernah. Terutama pada saat Mac baru dinyalakan. Sebenarnya apa sih yang membuat Mac kamu menjadi lambat? berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa di coba sebelum kamu 'menyerahkan nyawa' Mac kamu kepada yang 'berwajib'.

1. Hard Disk sudah mulai penuh
nyatanya ini tidak semudah yang dikira, kamu harus memilah-milah file mana yang ahrus di "singkirkan" dan mana yang harus dipertahankan, sampai akhirnya saya membeli hard disk external 1T untuk mengatasinya.

2. OSX yang sudah lama
mempunya OSX terbaru adalah pilihan terbaik, saat ini OSx terbaru adalah OSx Yosemite. jangan anggap remeh update OSX karena di OSX yang baru sudah pasti menawarkan perbaikan-perbaikan yang di OS sebelumnya tidak stabil.

3. Startup yang terlalu banyak
Applikasi yang dimulai pada saat Mac menyala bisa membuat Mac kamu menjadi lambat, ada baiknya mematikan beberapa applikasi yang tidak diperlukan untuk berjalan otomatis pertama kali.
pergi ke bagian System Preference > Users & Groups dan klik Username kamu, selanjutnya  klik pada bagian Login Item, klik pada nama applikasi yang dirasa tidak perlu berjalan pada saat Start up. semakin sedikit applikasi yang dimatikan seharusnya memberikan hasil yang signifikan terhadap kecepatan Mac kamu.

4. Terlalu banyak applikasi yang berjalan pada saat bersamaan.
Jika terlalu banyak 'tugas' yang harus dilakukan tentu saja Mac kamu akan kewalahan, alangkah baiknya hanya jalankan applikasi yang sedang di jalankan pada saat itu. kamu bisa lihat aktifitasnya di Activity monitor

5. Hardware sudah terlalu Jadul
Mungkin sudah saatnya kamu mengupgrade hardware kamu, seperti upgrade RAM.

6. Instal ulang OSX 
jika semua sudah dilakukan dan tidak ada hasil yang maksimal maka jalan terakhir adalah Install ulang, seperti dalam kasus saya.

yang menghantarkan saya pergi ke Service center untuk memperbaikinya, setelah di cek dalam kasus saya ternyata masalahnya terletak pada OSX saya yang tidak stabil. hal ini bisa diakibatkan waktu install OSX Yosemite yang tidak maksimal. jadi jalan satu-satunya adalah dengan cara smeng-instal ulang osx nya dan membayar 350 ribu rupiah dan memasukan macbook saya ke daftar tunggu rawat inap.

Karena saya sudah malas akhirnya saya menuruti sarannya tapi saya lakukan sendiri di rumah, faktanya saya hanya memerlukan waktu 3 jam medownload oSx dan beberapa menit menginstalnya dan juga menghemat biaya install ulang tersebut, karena faktanya lagi OSx itu GRATIS. intinya kalau bisa dilakukan sendiri kenapa tidak, sekarang adalah jamannya informasi manfaatkan lah, tanyakan google dan youtube masalah beres, selain lebih cepat, nyaman karena data-data mu tidak takut berpindah tangan ilmu juga bertambah.




Satu hal yang harus diperhatikan sebelum menginstall ulang yaitu backup semua file penting, karena tahapan yang dilakukan adalah mensetting ulang Mac kamu ke factory setting lalu menginstall ulang OSX tersebut.

Satu lagi yang harus diingat adalah kamu harus terhubung Internet untuk melakukannya.

1. Di menu bar, pilih Menu & Restart. setelah Mac me restart dan warna abu-abu muncul tekan tombol Command dan R secara bersamaan.
2. Pilih Disk Utility, dan klik Continue
3. Pilih bagian Startup Disk di bagian kiri dan klik bagian Erase
4. pilih Mac os extended (Journaled) di bagian Format menu, masukan nama dan klik Erase
5. Tunggu beberapa saat, keluar dan klik instal OSX dan ikuti petunjuknya
6. Biarkan dia melakukan tugasnya, lama download tergantung kecepatan Internet, saya kurang lebih 3 jam.

Makan makanan ringan favoritmu sambil nonton Sex and the city di starworld, kamupun tidak akan sadar semua sudah selesai.

Masalah satu selesai masalah baru pun muncul, yap saatnya menginstall ulang semua applikasi di Macbook "baru" mu yang tentunnya pe-er banget.

Selamat mencoba.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012