How to Downgrade iOS 5.1 To 5.0.1 [Tutorial]


Kemarin iPhone JB saya sempat error parah, ketika mau restore ke iOs semula yaitu iOs 5.0.1 ternyata itunes sudah tidak suport untuk restore ke iOs 5.0.1 sehinggga mau tidak mau saya harus menaikan iOs saya ke 5.1, malas sebenarnya karena belum ada Jailbreak untethered untuk ios seri terbaru tersebut. 

Setelah selang sehari setelah iPhone saya restore ke iOS terbaru saya diingatkan oleh seorang teman sebuah artikel di  Redmond pie  yang dapat men Downgrade iOs 5.1 kembali ke iOs 5.0.1, sebenarnya saya sempat baca artikel itu tapi saya agak kurang berani untuk mempraktekannya, karena saya belum pernah melakukan Downgrade iOS sebelumnya, ya seperti halnya melakukan Jailbreak pertama kali, kita tidak pernah mengetahui kalu tidak mencobanya, di artikel tersebut berhasil melakukannya kenapa saya tidak. akhirnya semalam saya memberanikan diri untuk membuka artikel tersebut dan langung mempraktekannya.

Berdasarkan tutorial dari artikel di Redmond pie saya pun melakukan downgradenya sebagai berikut. Jika kamu sudah pernah melakukan jailbreak di 5.0.1 beruntunglah karena secara otomatis Cydia sudah melakukan penyimpanan file SHSH di ervernya, file SHSH tersebut perannya sangat penting kurang lebih untuk mensiasati iTunes untuk melakukan restore ke iOs lama yang sebenarnya sudah tidak bisa di lakukan, karena seperti yang sudah kita ketahui, restore ios tidak bisa sembarangan dilakukan karena harus 'meminta izin' dari itunes untuk dapat melakukannya.

Untuk mengetahui SHSH kita sudah disimpan Cydia atau tidak kita bisa menyimpannya dengan sebuah software Tiny Umbrella, sambungkan iphone kamu tunggu beberapa saat dan akan ada notifikasi jika file SHSH ios sebelumnya sudah tersedia, simpan file tersebut untuk menjadi syarat downgrade selanjutnya. dan tentu saja siapkan juga firmware asli iOS 5.0.1/5.0 nya.

Disini saya hanya menjelaskan downgrade yang sudah saya praktekan yaitu dari iOS 5.1 ke 5.0.1, untuk downgrade ke ios lebih lama bisa membaca artikelnya lebih lanjut di  Redmond pie .


.
Important Note: Backup semua data terlebih dahulu sebelum melakukannya, seperti Camera roll dll.

File SHSH sudah siap? sekarang tahap selanjutnya sudah bisa dilakukan:

Untuk melakukan downgrade ke 5.0.1 atau 5.0 menggunakan iFaith

Step 1: Unduh iFaith terbaru untuk Windows disini, untuk mendapatkan stok iOS 5.0.1 firmware bisa didapat dari sini.

Step 2: buka aplikasinya dan klik ‘Build *signed* IPSW w/Blobs’.


Step 3: Cari file SHSH yang disimpan sebelumnya dan selanjutnya iFaith akan meminta firmware 5.0.1. Setelah selesai tunggu beberapa saat dan iFaith akan memproses firmware 5.0.1 tersebut dan  akan menyimpan file firmware custom ios baru di desktop untuk dapat di restore kemudian.

Step 4: setelah selesai iFaith akan menuntun kita untuk masuk mode DFU, setelah selasai kita sudah bisa melakukan restore ulang menggunakan Itunes, klik SHIFT+Restore dan arahkan ke ada firmware custom dari iFaith yang berlokasi didesktop untuk melakukan restore.

That’s it! you are done. selanjutnya tinggal tunggu saja proses berlangsung, untuk boot tahap awal kita bakal melihat lambang iFaith booting untuk selanjutnya asuk ke logo apple seperti biasanya, logonya terlihat keren lho.

 

Setelah semua selesai sekarang kita tinggal menjailbreaknya lagi dengan menggunakan Unthetered  iOS 5.0.1,

Selamat mencoba :D

Sumber tutorial : Redmond pie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012