Castaway at Singapore - Part 1

Pergi ke Singapore dengan teman yang sudah pernah kesana? Sudah biasa… pergi ke Singapore dengan teman yang sudah tinggal atau kerja disana itu juga sudah biasa… nah kao pergi ke Singapore pertama kali dengan teman yang juga sama sekali belum pernah kesana apalagi ini sama-sama kali pertama keluar negeri.. itu baru luarrrrrrrrr biasa..

Seperti yg ge bilang sebelumnya, berhubung ini perjalanan kali pertama ke Singapore dan pertama kali jg keluar negeri jd maklum2 aje ye klo hal kecil aja gw ceritain.

Perjalanan ini sebenernya serba dadakan.. dimulai dari 5 orang berniat pergi bersama  atau setidaknya kami ajak sampai akhirnya menyisakan dua kandidat terpilih.. yaitu gw ma temen gw dan berencana pergi pada bulan Mei… urusan pembelian tiket gw serahkan ama travel langganan gw.. yang semula direncanakan 28 Mei keberangkatan karna high season dan tiket yang semakin melonjak akhirnya perjalanan dimajukan satu minggu lebih awal yaitu tanggal 21. 2 minggu sebelum keberangkatan tiket sudah ditangan tapi hotel belum sama sekali dapat bookingan. bayangkan perjalanan ini direncanakan hanya 2 minggu.
Seminggu berlalu.. seminggu lebih dikit.. sampai 4 hari menujuruh hari H gw blum sama sekalai dapet Hotel.. !!
Akhirnya gw turun tangan sendiri dan mencari hotel sendiri.. dan memang full semua.. walaupun ada harganya gila2an.. pilihan kedua jatuh kepada Hostel.. ya gabeda2 dikitlah.. cumin beda S doing.. memang banyak pilihan.. tapi ketika pertimbangan sekamar bisa terdiri dari beberapa orang tentu bukan pilihan yang mudah, setidaknya kamarnya harus bersih.. aman… nyaman..
Sampai akhirnya H-3 gw dapet namanya FootprintsHostel terletak di perak road.. entah apalah itu namanya.. bermodal google map dan google earth gw dapat sedikit gambaran dimana lokasi tuh hostel berada.. antara yakin gak yakin ragu ga ragu tp berdasarkan review Hostel.com footprint termasuk hostel yang best choice, gak mikir panjang lg akhirnya gw booking  tuh hostel langsung buat 2 malam dan dapetlah sekamar 12 orang.. huaah… gapapalah.. toh cuman buat tempat tidur doang sisanya jalan..
rencana nginap di hotel berakhir di hostel.. sampai akhirnya gw kasih judul Backpacker Ala Koper..

day 1 - mei 21, 2010

Hari keberangkatan tiba!

Berhubung dapet jadwal pernerbangan jam 6 sore..  gw putusin masuk kantor setengah hari.. sepulang solat jum’at (yang belum pernah gw sholat se khusyuk itu) gw langsung pergi menuju bandara Soekarno hatta terminal 2E.. temen gw dah datang.. dan inilah perjalanan dimulai!!
Chek-in sekitar jam 3. Dengan bermodal tebal muka dan berpegang teguh pada prinsip “udalah gak bakal ketemu orang itu lagi kok” tiap tahap kita lalui dengan pede yang berujung pada kesalahan yg cukup bikin norak.




Tahap2 chekin penerbangan :
  1. Chekin ke loket penerbnagannya,.. periksa passport bukan ktp! KTP udah gak berlaku didaherah sini dan seterusnya.. 
  2. Masukin bagasi
  3. Bayar airport tax Rp. 150 rebu dan dapet boarding pass
  4. Periksa NPWP untuk pembebasan biaya visakal
  5. Masuk pengecekan bebas viskal
  6. Isi kartu keterangan data diri
  7. Cek di loket imigrasi biasanya orang imigrasi suka nanya2 gak jelas disini.. apa cuman gw doing yak?
  8. Oya gak boleh foto2 di bagian sini.. kena semprot sekuritinya.. curcol
  9. Jngan lupa sobekan kartunya disimpan di dalam pasportnya untuk balik lagi ke Indonesia
  10. Beressss.. tinggalmasuk boarding room.. dan nunggu keberangkatan tiba
Hall terminal 2 lumayan bagus.. berjejer toko2 bermerek semua.. rapih bersih.. suasanya berbeda dah mulai kerasa dari sini.. Berhubung datangnya kecepatan, waktu senggang dipakai buat foto2.. sampai gak kerasa waktu boarding udah tiba..
Bertemu dengan dewi penolong..
Waktu istirahat di pesawat  terganggu dengan pramugari memberikan kartu imigrasi..
Apaan ini???  Gw baca atu2.. gw isi.. tetep kagak ngerti maksudnya apa..  gw Tanya aja ma orang sebelah.. pertanyaan gw ama  perempuan sekitar umur 35-an bersuara medok jawa itu berujung pada obrolan yang seru.. tentang bagai mana kota Singapore, kebersihannya, kerapihannya, tempat2 wisata yang yang bagus, tempat belanja, sampai apada topic gak boleh bawa rokok utuh kedalam Singapore.. klo dilanggar bisa kena denda ribuan doallar… klo gw gak masalah toh bukan perokok.. yang jadi masalah adalah temen gw yang termasuk perokok kelas kakap sayup2 bilang.. “yah gw bawa 3 bungkus rokok utuh di koper”

Bujubuseeet!!!!..
Ditambah cerita temen dia yg penah kena denda makin parno lah kta.. meskipun dia bilang sok cuek aja pas lewat gerbang nothing to declare tetep aja klo lg apes bisa mati lah kita.. slepas mendarat langsung kebagian pemeriksan sial tuh detector nyala mulu di badan gw.. digerayangi abislah badan gw.. hiks.. lanjut ke bagian imigrasi untuk kasih kartu imigrasi yg disi di pesawat tadi.. katanya kalo pihak imigrasi liat pasport belum pernah ke Singapore apalagi masih kosong pasti bakal ditanya macem, dengan muka sok cuek dan sok-sok minta permen dari mejanya akhirnya gw lolos tanpa pertanyaan satupun. Tanpa foto2 kita langsung kebagian pengambilan bagasi.. langsung dapet langsung pergi ketoilet sobek-sobek tuh rokok.. satu ditinggal di toilet.. langsung jalan ke gerbang nothing to declare gw lolos.. temen gw apes di stop dusuruh periksa lg kopernya.. gw diluar nunggu kyak bapak nungguin anaknya lahiran.. akhirnya dia lolos.. hhoaoaoahalhamdullilah… ^^

bersambung... >> Castaway at Singapore Island - Part 2

--------
>> untuk foto2 perjalanan singapore bisa dilihat di sini --->>  Castaway to Singapore

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012