Masuk Angin Bikin Pusing

Kemarin gw terkena penyakit yang menjengkelkan, tengkuk sakit banget gak bisa nengok kiri, pala cenat-cenut, pusing, bawaannya pengen bobo aja.. 2 hari gw menderita penyakit itu tanpa tau penyebabnya apa, kata temen kantor gw.. "asam urat kali lu, ati2 jaga makan, lu kan doyan makan santen ma kecap" atu lg "kurang darah lu.. gadang mulu si kerjaan nya.. migren akut!" huaaaah.. menyeramkan semuah,, soalnya beberapa indikasi yang mereka bilang kena ma gw,, yaitu jarang makan malem, santen, kecap dan bergadang selalu,, makin parno lah gw...

alhasil gw pulang dengan banyak poikiran,, langsung beli makan malam besar 4 sehat lima sempurna tidak lupa susu ultra coklat favorit gw borong, karna sugesti gw kalo sakit pasti harus makan makanan sehat plus istirahat cukup.

sampai kosan temen kost gw heran liat bawaan gw yg lain dari biasanya... gw cerita dan dibilang "masuk angin kali lu, kerok aje cuy.." weeh.. kok gak kepikiran??? mungkin karena larinya ditengkuk jd gak kepikiran kalo itu masuk angin.. akhirnya dia panggilin tukang pijet, yaudah lah gw mau aja.. padahal gw gak begitu suka kerokan.. tp klo ma bawang merah si boleh, biasanya ma nyokap tuh dikerok.. dikerok lah gw,, alhasil merahlah badan gw,, sambil menahan sakitnya dikerok si tukang pijet bilang "Tuh kan inimah masuk angin om".. OM?!!!..

Sebenernya apa sih itu masuk angin? mahluk apakah itu? mahluk bermamah biak kah?? dan emang kerokan itu diperbolehkan? tp besokannya gw sembuh si.. badan enteng hehe.. kenapa bisa begitu?.. karna penasaran gw browsing aje dan ini hasilnya.. yuuk marii...

Di masayarakat Indonesia, kita sering mendengar istilah "Masuk Angin".Kadang-kadang setelah selesai melakukan aktifitas yang melelahkan, badan menjadi pegal-pegal, meriang dan sakit kepala. Sering dibilang lagi nggak enak badan atau menggunakan istilah menghilangkan rasa masuk angin atau tak enak badan ini, banyak orang yang memilih untuk kerokan termasuk gw haha... (tp pake bawang catet.).

Masuk angin adalah gejala flu yang seringkali dialami, apalagi pada pergantian musim (musim pancaroba). Masuk angin dianggap sebagai penyakit ringan dan biasa. Yang sering dilakukan antara lain dengan kerokan, pijat, minum obat flu, atau minum jamu. Bahkan, banyak orang sangat percaya pada khasiat kerokan hingga baru akan merasa sembuh jika telah dikerok. 


Konon, warna merah yang timbul pada kulit setelah kerokan adalah pertanda kalau Anda memang masuk angin. Makin pekat warnanya, pertanda makin banyak pula angin yang berdiam di tubuh kita. Padahal, itu pertanda bahwa pembuluh darah halus (kapiler) di permukaan kulit pecah hingga terlihat sebagai jejak merah di tempat yang dikerok. nah lho??

Dengan kerokan itu banyak orang yang masuk angin merasa lebih baik. Sebab dengan kerokan dan pijat, otot menjadi lemas dan pembuluh darah halus di dalamnya melebar sehingga lebih banyak oksigen dan nutrisi yang tersedia untuk jaringan otot. Selain itu, toksin yang menyebabkan pegal dapat segera dibawa aliran darah untuk dibuang atau dinetralkan.

Nah, obat-obat, jamu-jamu yang "wes..ewes..ewes..bablas anginnya" hanya berfungsi mengeluarkan udara dalam saluran pencernaan (jadi sering buang gas), dan menghangatkan badan karena banyak mengandung jahe, dll..(that's Oke...).

Tapi, kalo jamu-jamu buat pegel-pegel..lebih baik jangan deh.. karena banyak yang mengandung Steroid dan Obat penghilang sakit non steroid (NSAID), yang dapat mengakibatkan banyak komplikasi lain, seperti: Sakit lambung, bahkan sampai lambungnya jebol (bocor)..Hati-hati..

Kalo kerokan boleh ga?? Jangan Deh..Karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat "endorfin" Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri...Jadinya kayak nge-fly aja... that's not good...!

Jadi gimana dong??

Mungkin cara yang aman untuk mengatasi masuk angin adalah dengan cara yang alami, minum jahe untuk menghangatkan tubuh, atau makan sup panas dengan disertai istirahat akan membawa hasil yang memuaskan. jadi anda tetap harus ke dokter untuk mengkonsultasikan kondisi ini bila dalam tiga hari, sakit Anda tidak sembuh. Yang jelas, selama sakit lakukanlah hal-hal pendukung lainnya seperti misalnya banyak minum jus jeruk dan tomat, mengkonsumsi makanan dan minuman hangat (seperti wedang jahe, sup kaldu ayam segar yang ditambah wortel, brokoli, bawang merah dan putih) serta istirahat secukupnya... laah itumah mang sugesti gw dong.. klo sakit langsung makan 4 sehat 5 sempurna + tidur.. berarti jurus gw sebernya dah bener.. haha.. sial juga tuh temen gw. >:| (by zonkee)

source : indonesianmedical.blogspot.com & gizi.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012