Snorkeling di Pulau Bunaken - Manado


Trip to Bunaken


Akhirnya kesampaian juga berenang di perairan taman laut Bunaken, di postingan kali ini saya ingin share khusus mengenai snorkelingnya saja, mungkin dari kamu ada yang bertanya-tanya berapa biaya snorkling di bunaken yang mungkin pada dasarnya sama saja dengan yang lain.



Mengenai penyewaan kapal, Berhubung waktu kebunaken kami di traktir oleh teman kami yang baik hati disana jadi saya kurang begitu tahu mengenai biaya penyewaan kapal dari Pelabuhan Marina menuju Bunaken, dan saya juga lupa bertanya. hehe.. tapi setelah googling saya mendapatkan info untuk tempat persewaan kapal dari Manado menuju Bunaken kamu dapat memilih Pasar Bersehati dan Marina. Sewa kapal dari Pasar Bersehati Manado ke Bunaken dengan tarif antara Rp 300 ribu - Rp 400 ribu. Sedangkan jika dari Marina tarif yang berlaku lebih mahal yakni sekitar Rp 600 ribu - Rp 800 ribu. Cara lebih ekonomis adalah bergabung bersama wisatawan-wisatawan lainnya dengan menumpang kapal tradisional bertarif Rp 50 ribu per orang. Hanya saja mesti menunggu tempat duduk di atas kapal penuh dulu baru berangkat. Waktu itu saya berangkat dari Marina karena lokasinya juga yang dekat dengan Hotel kami menginap.

Untuk menyewa perlengkapan Snorkeling kamu akan dikenakan biaya Rp. 100 ribu sudah termasuk google dan sepatu katak dan jika ingin memakai baju seragam snorkling kamu akan mengeluarkan biaya tambahan Rp. 50 ribu. Saya sarankan kemu menyewa baju seragam snorkeling selain akan tampil gaya di photo kamu juga akan mendapatkan kenyamanan saat berenang, saya sendiri baru tahu manfaat baju snorkeling, ternyata dia bisa mengambang. Jadi buat kamu yang kurang mahir berenang kamu tidak perlu menggunakan pelampung lagi.

Sebagai tambahan buat kamu yang ingin mengabadikan pengalaman snorkeling di Bunaken kamu bisa memanfaatkan jasa photo dalam air dengan biaya Rp. 350.000 kamu sudah bisa mendapatkan photographer pribadi selama kamu berenang melihat karang -karang indah.

Ada satu tips untuk kamu jika si abang tukang photo bilang akan ada dua orang yang ikut naik kapal, satu si photographer dan satu si pengemudi kapalnya, dia akan bilang tidak perlu membayar orangnya tapi hanya membayar alatnya saja, mungkin ketika kamu mendengarkan ucapan si abang tersebut akan berfikir tidak akan ada biaya tambahan lagi, tapi kalau kamu perhatikan si dua abang tersbut memakai perlengkapan senorkling lengkap dengan seragamnya, dan itu maksudnya kamu akan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp. 300 rebu. nah siap-siaplah untuk menambah kocek yang tidak diduga tersebut di dalam kwitansi tagihan kamu.

Sedikit bercerita pada saat sesi pemotretan, kamu akan didorong oleh satu orang dibelakang supaya kamu bisa menjangkau karang di bawah laut pada saat itu juga si photograper akan memotret setiap aksimu selama dibawah air. usahakan untuk memegang karang karna kamu akan bisa lebih lama di bawah air sambil menunggu ikan-ikan indah datang menghampiri dan juga akan lebih bagus jika kamu photo tanpa menggunakan kacamata snorkling supaya wajah kamu terlihat jelas tapi siap-siap saja kamu akan menelan air laut yang sangat asin. yaah hasilnya sepadan lah.

Setelah selesai senorkeling tentu kamu ingin membersihkan badan kamu di pemandian umum, dengan biaya satu drigen seharga Rp. 10 rebu. kalau kamu termasuk orang yang suka mandi dengan banyak air jangan kaget jiga siabang akan menagih sejumlah uang yang besar setelah kamu selesai mandi.

Pada akhirnya semua pengeluaran tersebut akan terbayarkan dengan pengalaman berenang di laut bunaken yang indah dan hasil photonya pun tidak mengecewakan.

Berikut beberapa photo hasil Snorkling di bunaken. Tertarik? :)

reza
arthur
willy
Agung Bro
Lieta
angga
Olla

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012