Fight AIDS Not People With AIDS.

Hari ini sy sempat baca TL nya @fajarjasmin seorang ayah yang mengungkapkan "keheranan" mengenai anaknya yang sudah diterima tapi akhirnya ditolak sekolahnya karena ayahnya +HIV, yang akan berujung pada meja hijau. Cukup ironis ya apalagi hari ini #WorldAIDSDAY , berhubung sudah jadi santapan publik boleh dong saya juga ikut (sok) berkomentar. :)


Yang saya ingin tekankan disini adalah apa perlu berakhir meja hijau? Yook kita tela'ah yoo.. 


Dalam hal ini kalau saya bilang pihak Sekolah terlalu cepat mengambil keputusan dengan menolak via sms dengan mengatasnamakan orangtua siswa, Reaksi orangtua siswa wajar sama halnya reaksi si ayah. Mereka bereaksi seperti itu karna minimnya informasi mengenai penularan HIV AIDS. kalau Sekolahnya memang 'kurang ajar' :p


Menurut hemat saya pihak Sekolah harusnya mengadakan rapat seluruh orangtua siswa dengan menggandeng si ayah, Untuk apa? untuk memberikan pendekatan hati ke hati orangtua & penyuluhan yang tepat mengenai apa itu HIV AIDS dan bagaimana penularannya.


Ini kesempatan bagus lho buat merubah anggapan masyarakat selama ini mengenai HIV AIDS khususnya para orangtua siswa di sekolah tersebut. Saya percaya jika mereka mendapat informasi dan  pendekatan yg tepat mereka akan terbuka hatinya untuk menerima si anak dengan tangan terbuka. Kalau enggak ya harus gimana lagi sudah keputusan bersama, Sang Ayah harus berlapang dada dan perjuangan masih panjang berarti. :)


Jadi sebetulnya menurut saya gak perlu tuntut menuntut yang pasti akhirnya tidak bagus untuk si Ayah, Anaknya dan Sekolahnya, meskipun jika si ayah menang hasilnya akan disumbangkan yayasan AIDS, saya yakin mereka juga gak butuh sumbangan dari itu, kembali ke misi awal yaitu menyebarkan kewaspadaan penyakit AIDS.


Sungguh pembelajaran yang berharga di Hari Peringatan AIDS Sedunia, dimana pentingnya masyarakat luas akan informasi HIV AIDS dan terutama penularannya sehingga tidak ada lagi diskriminasi terhadap ODHA dan anak dari ODHA itu sendiri sehingga mereka juga berhak hidup seperti yang lainnya, saling menghargai itu penting.


Fight AIDS Not People With AIDS. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012