10 things you need to know about Apple TV - after one week hands on



Pameran Gadget adalah ajang yang di nanti para "penggila" gadget, selain cuci mata gadget terbaru juga memudahkan kita untuk mencari gadget idaman, dan pastinya ajang promo dan potongan harga pun membanjiri di acara tersebut. Salah satu gadget incaran saya adalah Apple Tv,  keraguan saya akan kemampuan Apple tv membuat saya menahan untuk membelinya padahal sudah menjadi incaran saya sejak lama, pada pameran Indocomtech 2014 ( 2 nov 2014) kemarin saya memutuskan untuk membelinya. Seperti biasa video unboxing pun langsung saya lakukan haha..


Di dalam kotak kemasan terdapat perangkat apple tv, buku panduan, sticker (tentu saja) remote, dan kabel power, Apple tv tidak memberikan kabel HDMI nya secara cuma-cuma, jadi kamu harus membelinya secara terpisah. Kesan pertama yang didapat adalah keren, kecil, berat sehingga tidak terkesan ringkih. Untuk spesifikasi lengkap bisa lihat di sini

Sedikit cerita mengenai Apple TV ( Apple logo black.svg TV) adalah sebuah perangkat digital media atau mini console yang di buat dan dikembangkan oleh Apple Inc. Media networking dan media hiburan yang menghubungkan semua perangkat apple untuk di pancarkan (streaming) ke media televisi.


Untuk dapat menggunakan Apple tv secara maksimal ruangan harus sudah terakses jaringan wifi, Tv yang sudah suport HDMI dan kamu juga harus mempunyai minimal satu perangkat iDevice, seperti iPhone, iPad, iPod atau Macbook. Tanpa itu Apple tv hanya akan menjadi seonggok kotak kecil hitam yang tidak berguna.


Bukan apple sepertinya jika tidak user friendly, sewaktu pertama memasangnya dia langsung mendeteksi akun itunes dan tinggal memasukan password, apple tv pun terhubung otomatis dengan iPad saya untuk melakukan setting otomatis.


Berikut review saya setelah 7 hari penggunaan ;

1. Rubah iTunes regionalmu, Hal pertama yang harus dilakukan adalah rubah itunes regional kamu. Apple terkenal dengan ketentuan layanan copyright yang ketat, jadi ketika kamu pertama menggunakannya dengan regional lokal atau Indonesia jangan heran jika hanya sedikit menu yang muncul, tapi hal itu dapat diatasi dengan merubah regional akun iTunes kamu, ketika saya merubahnya ke regional Amerika dan menu apple tv pun bertambah banyak.

2. Ethernet, meskipun ruangan kamu sudah terpasang wifi tapi disarankan apple tv kamu dihubungkan dengan ethernet untuk koneksi yang lebih stabil.

3. Remote extra, desain remote apple tv sangat unik, simpel dan minimalis jika suatu saat kamu lupa menaruhnya atau tidak mau remote tv kamu bertambah banyak kamu bisa menggunakan iDevice kamu sebagai remote, dengan mengunduh applikasi "Remote" dari itunes store dan seketika kamu bisa menggunakan iPhone atau iPad kamu sebagai remote pengganti.

4. Streaming film HD, kamu bisa menonton film favorite kamu dengan membelinya langsung dari itunes store atau Netflix, tidak ingin membelinya? Kamu bisa menyewanya dengan harga lebih murah daripada nonton di bioskop.

5. Airplay dan Mirroring ability, fungsi utama dari apple tv yaitu fitur mirroring, yaitu semua tampilan yang ada di Idevice kamu akan muncul persis di layar tv. tanpa lagging. Tidak perlu pusing lagi dengan layar kecil disaat melihat foto dan video favorit di youtube karena kamu bisa menontonnya dengan layar lebih besar di tv kamu dalam format HD.

 

6. Extend Desktop, ini fitur yang paling saya suka, mirroring dengan macbook, kamu bisa menjadikan tv kamu sebagai monitor tambahan dari macbook kamu, sepertinya tidak ada alasan lagi untuk saya untuk membeli iMac. 😛

  

  

7. iRadio, iTunes dikenal dengan koleksi lagu yang sangat banyak, dengan iRadio kamu bisa mendengarkan banyak jenis lagu yang sedang atau bahkan lagu lama yang sudah atau belum pernah kamu dengarkan. Banyak stasiun radio yang menarik yang bisa dinikmati sesuai selera.

8. Apple tv tidak disertai dengan browser bawaan, tapi jangan khawatir ada aplikasi ketiga yang mendukungnya, Airweb, tampilan browser pun menjadi penuh di tv dan perangkat iDevice menjadi remote touchpad yang besar.

9. Computers, fitur ini dapat memutar semua koleksi library itunes di desktop kamu melalui apple tv. Kamu tinggal duduk nyaman di sofa dan memegang kendali koleksi itunes kamu dari jarak jauh.

  
   

10. Last but not least, Game console, perangkat apple tv bisa menjadi perangkat game yang sangat menyenangkan, ada beberapa game yang compatible dengan Apple TV, seperti Metal Storm, Real Racing dan Dance Party. seru! serasa main wii u console dengan dual screen, saya melihat akan ada banyak game yang akan mendukung Apple TV kedepannya.

Bonus, 11. Bukan saya sepertinya jika tidak iseng, iphone kamu bisa dijadikan kamera cctv dan menampilakannya di layar tv hehe halah,,

Tidak terasa sudah seminggu saya menggunakannya. Banyak layanan yang ditawarkan, ada yang free dapat dinikmati secara cuma-cuma ada yang perlu subscribe dengan cara berlangganan. Tentunya Apple Tv bukan satu-satunya media streaming ada banyak alternatif lain selain seperti Google chrome atau Roku TV, tapi jika kamu sudah punya iDevice saya sarankan untuk menggunakan Apple, yang pasti saya merasa tidak rugi membelinya.

Semoga artikel saya memberi sedikit pemahaman tentang apa itu apple tv serta membantu kamu yang masih ragu untuk membelinya.
Salam
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012