WWDC 2014 - World Wide Developers Conference - oS x Yosemite & iOs 8 review



Senin, 2 Juni 2014, Semalam waktu Indonesia, Apple kembali menggelar acara Worldwide Developer conference, atau disingkat WWDC, sedikit cerita mengenai WWDC adalah sebuah acara konferensi yang diadakan tiap tahunnya oleh Apple Inc. konferensi yang bertujuan untuk memperlihatkan software terbarunya kepada pengembang untuk kemudian membantu menyempurnakan perangkat lunak tersebut dan pembuatan applikasi pendukungnya.

Apple mengupdate dua OS andalannya, OSX dan iOS. Berikut beberapa review dari acara WWDC yang saya bela-belain bergadang melalui streaming online apple.com




OSX Yosemite

Yosemite, Sebuah nama taman nasional dengan pemandangan tebing batu di California ini terpilih menjadi nama baru seri OSX setelah sebelumnya dinamakan Maverick. Perangkat Mac mendapat perubahan yang sangat signifikan, terutama perubahan tampilan icon dan widget bernuansa iOS7, tampilan menjadi lebih bersih dan elegan, notification center juga mendapat perubahan menyerupai notification center di perangkat iPhone, spotlight juga menjadi perhatian utama proses pencarian menjadi lebih mudah.

Yang perlu digarisbawahi adalah sekarang Mac bisa digunakan untuk menelepon!. Dengan koneksi dari iPhone tentunya, tidak hanya Mac tapi iPad juga mendukung kemampuan tersebut. banyak fitur baru yang diusung OSX Yosemite tapi saya hanya akan membahas yang enjadi perhatian saya, Berikut beberapa fitur tersebut:

SMS, sama hal dengan iMessage, SMS dapat diakses dari Mac, iMessage sendiri sekarang dapat mengirim pesan suara.

Mail, mengirim file gambar menjadi tidak seperti biasasnya, sekarang kita bisa menambahakan coretan untuk mempermudah penjelasan gambar yang dimaksud.

Instant Hostspot, kamu tidak lagi perlu mengaktifkan hotspot iphone kamu terlebih dahulu untuk bisa pairing internet di Mac, karena OSX Yosemite bisa mengaktifkan hotspot iPhone secara otomatis meskipun iphone kamu berada jauh dari jangkauan. keren.

Handoff, pekerjaan yang belum selesai pada iPad atau iPhone dapat dilanjutkan di MAC, sesuai pada saat kamu meninggalkan pekerjaan itu.

Airdropp, Kejengkel dengan keterbatasan mengirim file dari iDevice ke Mac menggunakan airdropp di atasi dengan OSX ini, sekarang kita bisa mengirim file dengan mudah.



iOS 8

Rumor yang beredar ternyata terjadi, iOs mendapat perubahan cukup besar dengan iOSnya, berikut sedikit dari banyak fitur baru yang menjadi perhatian saya.

Fastreply, pernah menginginkan untuk mereply pesan yang muncul tiba-tiba di layar notifikasi, hal itu terjadi iOs8, kita bisa mereply langsung ketika notifikasi itu muncul diatas. Bekerja dengan sempurna dengan aplikasi ketiga seperti Facebook atau twitter dll.

Quick type, keyboard yang diusung-usung menjadi keyboard pintarnya Apple. Kejutan utamanya adalah aplikasi ketiga untuk keyboard dapat digunakan, swipe for tipe menjadi hal yang memungkinkan terjadi di iDevice.

Tap-To-Talk, yap fitur pesan suara yang sudah ada di whatsapp hadir di iOs.

Rise to reply, kita tinggal mengangkat dan mendekatkan ke telinga untuk mendengarkan pesan suara tersebut.

Family sharing, dengan fitur ini kita bisa berbagi aplikasi musik berbayar dengan 6 anggota keluarga kita.

Phone, seperti yang sudah di bahas sebelumnya, perangkat iPad dan Mac kita bisa digunakan untuk membuat dan menerima telepon.

iOs 8 dapat dinikmati semua iDevice dari ipad 2, ipad mini dan 4S ketas, dalam artian iPhone saya sudah -akan- masuk masa almarhum haha,, sudah saatnya saya upgrade ke iPhone 6 nih,, doakan moga ada rejeki ya.. *jadi curhat

Dengan pelan tapi pasti tampaknya apple kembali menunjukan taringnya diantara pesaingnya dengan WWDC 2014 kali ini, dengan beberapa kali menyindir windows dan android acara WWDC menjadi hiburan tersendiri yang menjadi tontonan yang sangat menarik.

Jadi secara garis besar perubahan yang menjadi favorite saya untuk perubahan kedua oS tersebut adalah koneksi antar perangkat apple terutama fitur telepon, sepertinya apple tidak membutuhkan iWatch dalam hal ini. [gantinareza-2014]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiba-tiba Hongkong, Jalan-jalan backpacker ke Hongkong

Top 10 Cydia Sources and Repositories 2012